SHARE NOW

Targetkan 1000 GES, Pertamina Dukung Infrastruktur Kendaraan Listrik

TVSidoarjo – PT Pertamina (Persero) berkomitmen akan berperan aktif membangun infrastruktur kendaraan listrik di Indonesia melalui perluasan jaringan Battery Charging Station dan Battery Swapping Station. Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan pihaknya telah membangun enam Battery Charging Station dan mengoperasikan 14 unit Battery Swapping Station dengan 213 baterai yang tersebar di tujuh lokasi Green Energy Station (GES) Pertamina.

Pertamina menargetkan pengembangan 1.000 stasiun pengisian bahan bakar umum berbasis energi hijau atau Green Energy Station (GES) yang menggunakan pembangkit listrik tenaga surya pada tahun ini. Adapun kini perseroan telah memiliki 143 unit GES yang tersebar di berbagai daerah guna mendukung ekosistem kendaraan listrik.

Nicke menyampaikan bahwa pihaknya akan memanfaatkan hasil uji komersial untuk mendapatkan bisnis model terbaik terkait Battery Swapping Station. “Kami akan aktif mengembangkan infrastruktur kendaraan listrik. Ke depan, kami akan terus memperluas jaringan Battery Swapping Station di Indonesia,” kata Nicke dalam keterangan resminya pada Rabu (23/02/2022).

Pertamina memahami kebutuhan para pengendara motor listrik, yaitu kecepatan dan kemudahan, sehingga Pertamina menyediakan Battery Swapping Station yang bisa memberikan kemudahan kepada para pengendara karena cukup tukar baterai, kemudian langsung bisa melanjutkan perjalanan tanpa perlu menunggu baterai terisi penuh.

Dengan bisnis model seperti ini, Indonesia juga berpeluang untuk mengembangkan baterai motor listrik standar nasional yang dapat membuat harga motor listrik bisa menjadi lebih murah. “Pertamina terus bergerak mendukung program pemerintah dalam mempercepat transisi energi di bidang kendaraan listrik, bersama dengan Gojek, Indonesia Battery Corporation (IBC), Gesits, dan Electrum,” ucap Nicke.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meluncurkan kolaborasi pengembangan ekosistem kendaraan listrik yang digelar di SPBU MT Haryono di Jakarta hari ini. Ia mengapresiasi perusahaan-perusahaan dalam negeri yang turut serta membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Lebih lanjut Presiden berharap melalui pembangunan ekosistem kendaraan listrik dari hulu ke hilir tersebut dapat menjadikan Indonesia sebagai produsen kendaraan listrik. Bahkan, target emisi karbon berada di angka nol juga dapat terwujud pada 2060.

Sumber: pertamina
Jurnalis : Noe

Pengunjung

Online : 0

Pengunjung hari ini : 15

Kunjungan hari ini : 19

Pengunjung kemarin : 58

Kunjungan kemarin : 82

Total Pengunjung : 10124

Total Kunjungan : 32081

Home

© 2021 PT.Sidoarjo Maju Media. All Rights Reserved.

Design by Velocity Developer

NEWSTICKER
No post ...