SHARE NOW

Setelah ditahan karena mengudara di wilayah Indonesia, Pesawat Sipil Asing dari Malaysia diizinkan terbang oleh TNI AU.

Pesawat sipil dari Malaysia yang sempat masuk wilayah Indonesia tanpa izin. akhirnya TNI AU telah mengizinkan untuk terbaang kembali. Marsekal Indan Gilang Buldansyah selaku Kepala Dinas Penerbangan TNI AU mengatakan, jika pesawat tipe DA62 dengan registrasi G-DVOR sudah diperbolehkan untuk kembali terbang pada pukul 18.30 WIB.

“TNI AU dalam hal ini Lanud Hang Nadim Batam telah mengizinkan pesawat melanjutkan penerbangan meninggalkan Batam menuju Johor Baru Malaysia, setelah FC (Flight Clearance) terbit pada hari Senin ini,” katanya, Senin, (16/05/2022).

Kru pesawat sipil Malaysia ditahan di Batam untuk menjalani proses pemeriksaan dan administrasi oleh PPNS dari Kantor Otoritas Bandara Udara Wilayah II Direktorat Jendral Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan. Namun, pemeriksaan terhadap operator pesawat oleh PPNS tersebut masih berlangsung sampai pemberian sanksi.

Hukuman dijatuhkan berdasarkan pada Udnang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan, Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2018 tentang Pengamanan Wilayah Udara dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 27 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pengawasan dan Pengenaan Sanksi Administratif terhadap Pelanggaran Peraturan Perundang-Undangan di Bidang Penerbangan.

Sebagaimana diketahui, pesawat yang diawaki oleh MJT warga negara kebangsaan Inggris dan TVB selaku co-pilot serta CMP sebagai kru. Masuk diwilayah Indonesia tanpa izin dan dipaksa mendarat di landasan TNI AU di Bandara Hang Nadim, Batam, pada (13/05/2022).

Mayor Lek Wardoyo selaku Kepala Dinas Operasi Lanud Hang Nadim mengatakan, jika persawat tersebut terancam denda sebesar Rp5 miliar. Ia menjelaskan, denda tersebut berdasarkan atas Peraturan Pemerintah tentang pengamanan wilayah udara Republik Indonesia Pasal 10 Ayat 2.

“Denda ditujukan ke pemilik maskapai karena awak pesawat hanya pilot saja,” katanya di Batam Kepulauan Riau, Sabtu, (14/05/2022).

Sumber: TNI AU
Jurnalis: Asep

Pengunjung

Online : 0

Pengunjung hari ini : 0

Kunjungan hari ini : 0

Pengunjung kemarin : 101

Kunjungan kemarin : 119

Total Pengunjung : 24353

Total Kunjungan : 62032

Home

© 2021 PT.Sidoarjo Maju Media. All Rights Reserved.

Design by Velocity Developer

NEWSTICKER
No post ...