SHARE NOW

Baik atau Buruk Saat Meminum Kopi di Pagi Hari ?

TVSidoarjo – Pagi hari, mungkin dirasa masih kurang apabila tidak ditemani dengan segelas kopi. Kopi sering dianggap sebagai minuman yang bisa membantu mencegah kantuk. Sehingga, banyak anggapan jika kopi cocok dikonsumsi pada pagi hari.

Namun, nyatanya pagi hari bukanlah waktu terbaik untuk mengonsumsi kopi. Apalagi jika kopi dikonsumsi langsung pada saat bangun tidur. Hal ini justru disebut bisa menurunkan khasiat dari kopi yang masuk ke dalam tubuh. 

Pagi hari merupakan waktu hormon stres (kortisol) sedang berada di puncaknya. Hormon ini memiliki peran penting untuk membantu meningkatkan fokus serta kewaspadaan dalam beraktivitas. Kortisol juga berperan dalam mengatur metabolisme, tekanan darah, serta kekebalan tubuh. 

Normalnya, hormon kortisol akan diproduksi dalam jumlah paling banyak pada pukul 8 hingga 9 pagi hari. Semakin lama, kadar hormon ini akan menurun. Nah, pada saat itulah tubuh perlu mendapatkan booster. Salah satunya dari kandungan kafein yang ada pada kopi. Tetapi, kondisi tubuh setiap orang mungkin akan berbeda-beda, sehingga waktu minum kopi mungkin akan berbeda pula. 

Mengetahui waktu yang tepat untuk minum kopi bisa membantu memaksimalkan manfaatnya. Jika konsumsi kopi ditujukan untuk mencegah kantuk, waktu terbaik untuk mengonsumsinya adalah saat hormon kortisol sudah mulai menurun. Jika merujuk pada penjelasan sebelumnya, minum kopi di pagi hari bukanlah pilihan yang tepat. 

Agar kafein bekerja dengan maksimal dalam mencegah kantuk dan menambah energi, disarankan untuk minum kopi di atas pukul 10 pagi. Namun, ada beberapa poin yang mesti diterapkan, yaitu tidak mengonsumsi kopi untuk menahan kantuk. 

 

Sumber : halodoc

Pengunjung

Online : 1

Pengunjung hari ini : 58

Kunjungan hari ini : 67

Pengunjung kemarin : 87

Kunjungan kemarin : 180

Total Pengunjung : 17087

Total Kunjungan : 44121

Home

© 2021 PT.Sidoarjo Maju Media. All Rights Reserved.

Design by Velocity Developer

NEWSTICKER
No post ...