SHARE NOW

EMPON EMPON TAMBAH IMUN DAN LAWAN BERBAGAI PENYAKIT TERMASUK VIRUS

TVSidoarjo – Wilayah indonesia sesungguhnya memiliki keanekaragaman jenis tumbuhan paling kaya di dunia. Dari sekitar 40.000 species flira yang tumbuh di dunia, negara kita memiliki 30.000 spesies tumbuhan. Ada sekitar 940 spesies yang berkhasiat obat. Jumlah tersebut diperkirakan meliputi 90% dari jumlah tanaman obat yang beredar di asia, Empon-Empon dan Temuan-temuan adalah sebagian diantaranya. Nenek moyang kita dahulu telah memanfaatkannya sebagai bahan masak sehari-hari, menjaga kesehatan, dan mengobati penyakit. Ketika dunia kedokteran modern belum dikenal, peranan aneka tanaman ini sudah amat besar.

Empon-empon berasal dari bahasa jawa adalah “empu” yang berati rimpang induk atau akar tinggi. Tanaman yang termasuk kelompok ini umumnya adalah tanaman yang biasa dimanfaatkan sebagai obat tradisional dan bumbu masakan. Sehubungan dengan kemajuan zaman, kini penggunaan empon-empon meluas dalam industri makanan, minuman, kosmetik, bahan pewarna, dan untuk diambil minyak astirinya.

Seperti halnya empon-empon, temu-temuan juga berasal dari bahasa jawa. Temuan berati rimpang. Tanaman yang berawal kata “Temu” adalah Temu lawak, Temu Kucing, Temu Putih, dan Sebagainya. Dikutip dari halaman buku Empon empon buku penerbit PT.Gramedia pustaka Utama jakarta  by Kompas Gramedia.

Empon-empon ini dipercaya berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas sebagai penangkal virus. Diantara banyaknya tanaman rimpang, Temu lawak dan kunyit memiliki kandungan curcumin yang berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh maupun sebagai antioksidan. Perpaduan sejumlah empon-empon yang diolah dan diminum secara rutin dapat menjaga imun tubuh jangka panjang.

 

 

Jurnalis : KRS

Editor : Laks

 

Pengunjung

Online : 0

Pengunjung hari ini : 5

Kunjungan hari ini : 5

Pengunjung kemarin : 26

Kunjungan kemarin : 36

Total Pengunjung : 63554

Total Kunjungan : 141627

Home

© 2021 PT.Sidoarjo Maju Media. All Rights Reserved.

Design by Velocity Developer

NEWSTICKER
No post ...