SHARE NOW

WARGA SIDOARJO SULAP SAMPAH MENJADI EMAS

Tvsidoarjo – Jika Biasanya Sampah Dibuang Begitu Saja, Berbeda Halnya Ditangan Sekelompok Ibu-Ibu Di Sidoarjo Jawa Timur. Para Emak-Emak Ini Justru Menyulap Barang-Barang Bekas Menjadi Emas. Seperti Apa Prosesnya?, Berikut Liputannya Untuk Anda.
Beginilah Suasana Setiap Harinya Di Sebuah Rumah Salah Satu Warga, Di Desa Grogol Kecamatan Tulangan Sidoarjo Jawa Timur, Yang Selalu Ramai Didatangi Warga Untuk Menyetorkan Aneka Sampah Sampah Rumah Tangga.

Siapa Sangka, Puluhan Emak Emak Yang Tergabung Dalam Bank Sampah Bunda Rossa Ini, Dapat Mengubah Sampah Sampah Rumah Tangga Seperti Plastik Kemasan, Kertas, Kardus Hingga Aneka Barang Barang Bekas Lainnya, Menjadi Barang Yang Memiliki Nilai.
Bukan Hanya Sekedar Kiasan ‘Mengubah Sampah Menjadi Emas’, Di Tempat Ini Sampah-Sampah Yang Dikumpulkan Memang Benar Dapat Ditukarkan Dengan Emas.

Untuk Mendapatkan Emasnya Pun Cukup Mudah, Sampah Sampah Yang Dibawa Warga Akan Ditimbang Dan Akan Dicatat, Bila Seluruh Sampah Yang Di Setornya Mencapai Point Yang Ditentukan, Akan Mendapatkan Emas Mulai Dari Nol Koma Nol Lima Gram L,Hingga 1 Gram.
Tak Hanya Emas, Para Warga Di Kawasan Ini Juga Dapat Menukarkan Sampah Rumah Mereka Menjadi Berbagai Sembako Diantaranya Beras, Mie Instan Hingga Gas Elpiji 3 Kilogram Dan Minyak Goreng.

Nah, Untuk Mendapatkan Aneka Sembako Pun, Warga Cukup Menyetorkan Sampah 5 Kilogram Dan Menambahnya Dengan Uang 2000 Rupiah Saja. Nantinya Juga Dapat Ditukarkan Dengan Minyak Goreng Atau Pun Gas Elpiji 3 Kilogram.
Warga Mengaku Senang Dengan Ada Nya Bank Sampah Ini, Hingga Saat Ini Mereka Bahkan Menjadi Rajin Mengumpulkan Sampah Rumah Tangga, Untuk Mendapatkan Emas Hingga Sembako Murah.

Bank Sampah Ini Sendiri Baru Dibuka 1 Bulan Yang Lalu. Yussi, Ketua Kelompok Ini Pun Menceritakan Ide Adanya Kegiatan Ini Berawal Dari Kumpulan Emak Emak Arisan, Yang Prihatin Dengan Banyaknya Sampah Sampah Rumah Tangga Yang Mengotori Lingkungan Merek.
Hingga Akhirnya Mereka Pun Memutuskan Mendirikan Bank Sampah Dan Diberi Nama Bunda Rossa, Atau Bunda Urusan Rosok Dan Sampah.

Kini Dengan Adanya Bank Sampah Bunda Rossa Ini, Tak Hanya Orang Dewasa Saja Yang Rajin Menyetorkan Sampah Sampah Rumah Tangga, Namun Juga Memancing Anak Anak Untuk Mencintai Lingkungan Bersih, Dengan Membawa Barang Bekas Mainan Hingga Botol Plastik, Untuk Ditukarkan Dengan Sejumlah Makanan Ringan.

Jurnalis : Noe
Sumber : Tulangan SDA
Editor : Laks

Pengunjung

Online : 1

Pengunjung hari ini : 52

Kunjungan hari ini : 59

Pengunjung kemarin : 87

Kunjungan kemarin : 180

Total Pengunjung : 17081

Total Kunjungan : 44113

Home

© 2021 PT.Sidoarjo Maju Media. All Rights Reserved.

Design by Velocity Developer

NEWSTICKER
No post ...