SHARE NOW

5 Manfaat Buah Durian yang Tidak Hanya Lezat, Tetapi Juga Baik Bagi Kesehatan

TVSidoarjo – Sebagian orang tidak menyukai buah durian karena baunya yang menusuk. Padahal durian memiliki rasa yang nikmat dan mengandung berbagai kandungan vitamin dan mineral. Hal ini membuat durian bukan hanya dinikmati karena lezat, tetapi juga karena menyehatkan.

Bagi pecinta durian, sebaiknya ketahui berbagai manfaat durian untuk kesehatan. Namun, pastikan juga kamu tidak mengonsumsi durian secara berlebihan agar manfaatnya bisa kamu rasakan secara optimal. Berikut 5 manfaat buah durian bagi kesehatan :

 

1. Mencegah Penyakit Kanker

Kandungan antioksidan pada buah durian menjadi salah satu zat yang bisa menjaga dan melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Hal ini membuat tubuh terhindar dari perubahan sel-sel menjadi abnormal yang dapat memicu penyakit kanker. 

2. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Hampir serupa dengan buah lainnya, durian juga memiliki kandungan serat di dalamnya. Terpenuhinya kebutuhan serat membuat kesehatan pencernaan menjadi lebih baik. Bahkan, jika kamu mengalami konstipasi atau sembelit, tidak ada salahnya mencoba mengonsumsi buah durian untuk melancarkan buang air besar.

Selain itu, kandungan serat dalam buah durian juga merangsang gerakan peristaltik pada pencernaan. Hal ini membuat durian mampu mengatasi perut kembung, sakit perut, hingga kram perut.

3. Mencegah Munculnya Nyeri

Durian memiliki kandungan vitamin C di dalamnya. Dengan begitu, kebutuhan vitamin C pada tubuh dapat terpenuhi dengan baik. Kekurangan vitamin C dapat memicu rasa nyeri pada beberapa bagian tubuh, khususnya sendi. 

4. Menghindari Penuaan Dini

Buah durian kaya akan vitamin C. Vitamin ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga membantu tubuh mencegah paparan radikal bebas, termasuk pada kulit. 

Semakin rendah paparan radikal bebas pada kulit, maka kulit akan semakin sehat. Hal ini membuat gejala penuaan dini berkurang. 

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah durian mengandung magnesium dan potasium yang dapat memengaruhi kondisi tulang menjadi lebih sehat. Saat tubuh kekurangan magnesium dan potasium kamu dapat berisiko mengalami osteoporosis. Jadi, tidak ada salahnya memasukan durian dalam menu camilan kamu di sore hari agar manfaatnya bisa kamu rasakan.

Itulah beberapa manfaat durian bagi kesehatan yang bisa kamu rasakan. Penting untuk diketahui, sebaiknya jangan mengonsumsi durian bersama dengan pengonsumsian alkohol. 

Hal ini disebabkan kandungan senyawa pada durian dapat mencegah enzim tertentu untuk memecah alkohol yang membuat peningkatan kadar alkohol dalam darah. Kondisi ini dapat memicu berbagai gejala pada tubuh, seperti mual, muntah, hingga jantung berdebar.

 

Sumber : halodoc

NEWSTICKER
No post ...