SHARE NOW

6 Makanan Untuk Membantu Penyembuhan Demam Berdarah

TVSidoarjo – Demam berdarah merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue, yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti betina. Seseorang yang terkena virus ini akan mengalami beberapa gejala demam berdarah seperti, demam tinggi, nyeri otot, sakit kepala, serta hilangnya nafsu makan. Jika nafsu makan hilang tubuh akan lemas dan bisa memperburuk demam berdarah yang dialami. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat supaya kondisi tubuh tidak memburuk seperti berikut :

 

1. Jambu Biji

Jambu biji sudah sangat dikenal mampu mempercepat proses penyembuhan pengidap demam berdarah. Buah ini mengandung vitamin C, tanin, dan flavonoid yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh, menghambat replikasi dari virus dengue, dan meningkatkan kadar trombosit. Seperti yang sudah diketahui bersama, trombosit pengidap demam berdarah berpotensi turun hingga di bawah normal.

2. Air Kelapa

Air kepala baik dikonsumsi guna mencegah dehidrasi. Hal tersebut dikarenakan, pengidap demam berdarah sangat berisiko mengidap dehidrasi berat akibat kebocoran plasma. Air kelapa sendiri mudah diserap, dan mirip dengan cairan tubuh. Di samping itu, air kelapa memiliki tinggi kandungan elektrolit, dan mampu mempercepat proses penggantian cairan tubuh karena kandungan gula di dalamnya.

3. Ramuan Jahe, Kayu Manis dan Kapulaga

Tanaman herbal jahe, kayu manis, dan kapulaga sangat efektif mengurangi keparahan gejala, dan mampu mempercepat proses penyembuhan. Manfaatnya dapat menurunkan demam hingga meningkatkan reaksi sistem imun tubuh agar mampu melawan infeksi.

4. Daun Pepaya

Daun pepaya mampu merangsang peningkatan kadar trombosit pada pengidap demam berdarah. Meski kepercayaan yang beredar demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait hal tersebut.

5. Buah Pepaya

Asam folat menjadi salah satu kandungan yang diperlukan saat demam berdarah. Fungsinya adalah memproduksi trombosit. Berkaitan dengan hal tersebut, pepaya menjadi salah satu yang direkomendasikan untuk mempercepat proses pemulihan demam berdarah karena kandungan asam folat di dalamnya. Bukan itu saja, pepaya juga mengandung vitamin A, vitamin C, folat (vitamin B9), mineral kalsium, magnesium, vitamin B1, B3, B5, E, dan K.

6. Kurma

Kurma dipercaya mengandung zat-zat pembentuk sel darah, seperti vitamin B12, zat besi, magnesium, zinc , asam amino, vitamin C, dan B kompleks. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan gula alami, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa, yang terbukti ampuh untuk mengembalikan energi selama proses pemulihan demam berdarah. 

 

Nah, itu tadi beberapa makanan yang bisa membantu mempercepat penyembuhan demam berdarah. Jika gejala demam berdarah dialami dalam intensitas ringan, kamu dapat mengonsumsi sejumlah makanan tersebut dan diimbangi dengan pola hidup sehat lainnya. Namun, jika gejala muncul dalam intensitas parah, segera dapatkan pemeriksaan agar dokter bisa memberikan rencana pengobatan yang tepat.

 

Sumber : halodoc

Pengunjung

Online : 0

Pengunjung hari ini : 42

Kunjungan hari ini : 91

Pengunjung kemarin : 72

Kunjungan kemarin : 103

Total Pengunjung : 16894

Total Kunjungan : 43772

Home

© 2021 PT.Sidoarjo Maju Media. All Rights Reserved.

Design by Velocity Developer

NEWSTICKER
No post ...