SHARE NOW

Bahaya Makan Gorengan Secara Berlebih Disaat Berpuasa

TVSidoarjo – Gorengan merupakan salah satu jajanan yang paling banyak dicari saat menjelang berbuka puasa, hal itu dikarenakan gorengan memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang renyah apalagi jika dimakan saat masih hangat. Tidak jarang banyak yang bisa lupa diri dan makan terlalu banyak gorengan, padahal hal itu tidak baik untuk Kesehatan. Berikut beberapa alasan kenapa gorengan bahaya untuk tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan :

  1. Lemak dalam Minyak Sulit Dicerna

Kandungan lemak dalam minyak pada gorengan cenderung sulit dicerna. Hal ini membuat tubuh lebih lama mencerna gorengan, sehingga bisa mengganggu dan menghambat saluran pencernaan untuk mencerna zat gizi lain.

  1. Lemak Trans dalam Gorengan Meningkatkan Kolesterol Jahat

Karena makanan yang digoreng dimasak dalam minyak pada suhu yang sangat tinggi, kemungkinan besar makanan tersebut mengandung lemak trans.

Lemak trans dalam gorengan bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh (low density lipoprotein/LDL). Jadi, semakin banyak kamu mengonsumsi gorengan, maka semakin banyak kadar lemak jahat dalam tubuh.

  1. Gorengan Berpotensi Mengandung Akrilamida Penyebab Kanker

Alasan lain mengapa kamu perlu membatasi makan gorengan saat buka puasa adalah karena berpotensi mengandung akrilamida. Ini adalah zat beracun yang dapat terbentuk dalam makanan selama memasak suhu tinggi, seperti menggoreng atau memanggang.

Akrilamida terbentuk oleh reaksi kimia antara gula dan asam amino yang disebut asparagin. Makanan bertepung seperti produk kentang goreng biasanya memiliki konsentrasi akrilamida yang lebih tinggi. Konsentrasi akrilamida yang tinggi dalam tubuh dapat meningkatkan risiko berbagai jenis kanker.

  1. Gorengan Tinggi Kalori dan Bisa Memicu Kegemukan

Makanan yang digoreng mengandung lebih banyak kalori daripada makanan yang tidak digoreng. Jadi, makan gorengan saat buka puasa berlebihan dapat meningkatkan asupan kalori secara signifikan.

Itulah beberapa alasan mengapa kamu perlu membatasi konsumsi gorengan saat buka puasa. Makan gorengan memang enak tetapi tidak harus berlebihan. Saat memakan gorengan, bisa diimbangi dengan banyak makan sayur, buah, serta variasi makanan sehat lainnya agar Kesehatan tubuh tetap terjaga.

 

Sumber : halodoc

Pengunjung

Online : 0

Pengunjung hari ini : 0

Kunjungan hari ini : 0

Pengunjung kemarin : 101

Kunjungan kemarin : 119

Total Pengunjung : 24353

Total Kunjungan : 62032

Home

© 2021 PT.Sidoarjo Maju Media. All Rights Reserved.

Design by Velocity Developer

NEWSTICKER
No post ...