SHARE NOW

Covid Arcturus, Subvarian Baru yang Sangat Menular,menjadi kekahwatiran di tengah masyarakat.

Covid Arcturus, Subvarian Baru yang Sangat Menular,menjadi kekahwatiran di tengah masyarakat.

Subvarian baru Covid-19 bernama Arcturus tengah menjadi kekhawatiran di tengah masyarakat. Strain baru itu telah terdeteksi di beberapa negara seperti India dan Inggris.
Mengutip The Independent, penelitian telah menunjukkan bahwa Arcturus lebih menular hingga 1,2 kali lipat daripada sub-varian utama terakhir.

Subvarian yang dikenal sebagai subvarian Omicron XBB.1.16 ini pertama kali diidentifikasi pada Januari dan telah dipantau oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sejak 22 Maret.

Dr Vipin Vashishtha, seorang dokter anak dan mantan kepala Komite Imunisasi Akademi Pediatri India, mengatakan kepada The Hindustan Times bahwa gejala Arcturus termasuk demam tinggi, batuk dan konjungtivitis atau mata merah yang gatal.

Sekitar 50 kasus telah terdeteksi di Inggris sejauh ini, menurut The Daily Mail, tetapi Profesor Paul Hunter dari University of East Anglia mengatakan kepada bahwa masih terlalu dini untuk mengatakan bahwa Inggris menghadapi lonjakan baru infeksi yang didorong oleh Arcturus.

Sementara itu, para ilmuwan di Universitas Tokyo menyebut bahwa Arcturus menyebar sekitar 1,17 hingga 1,27 kali lebih efisien daripada varian sebelumnya.

Peneliti pun memperingatkan bahwa Arcturus akan menyebar ke seluruh dunia dalam waktu dekat, mengingat bahwa subvarian ini memiliki kekebalan terhadap antibodi yang tertinggal di tubuh dari infeksi Covid sebelumnya.

NEWSTICKER
No post ...