SHARE NOW

Buka Festival Al Banjari se Jatim, Gus Muhdlor Ajak Tebarkan Syiar Islam Rahmatan Lil’alamin Lewat Kesenian

Buka Festival Al Banjari se Jatim, Gus Muhdlor Ajak Tebarkan Syiar Islam Rahmatan Lil’alamin Lewat Kesenian

Festival A-Banjari se Jawa Timur digelar di Kabupaten Sidoarjo. Kesenian Islam yang juga dikenal dengan nama hadrah itu digelar di Alun-alun Sidoarjo. Kegiatan yang diselenggarakan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sidoarjo dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor S.IP dan H. Subandi SH serta anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Fraksi PKB Hj. Aisyah Lilia Agustina, hadir dalam pembukaannya Jumat pagi, (11/11).

Bupati Sidoarjo yang akrab dipanggil Gus Muhdlor itu mengapresiasi penyelenggaraan festival seni budaya Islam yang kian digandrungi anak muda tersebut. Dikatakannya festival Al-Banjari seperti ini akan memperkuat syiar Islam yang rahmatan lil’alamin. Menurutnya dakwah-dakwah Islam yang ramah dan humanis akan terus tersampaikan kepada masyarakat melalui kegiatan seni dan budaya Al Banjari.

“Kegiatan ini menjadi kebanggaan kita semua, ayo kita jaga agar syiar Islam di Sidoarjo semakin kuat,”sampainya.

Gus Muhdlor juga mengatakan seni hadran sudah menjadi bagian dari lokal wisdom Kabupaten Sidoarjo. Lokal wisdom seperti ini diharapkannya dapat terus terjaga. Salah satunya dengan terus menyelenggarakan kegiatan-kegiatan Al Banjari seperti ini. Dirinya juga akan selalu mendukung kesenian hadrah yang ada. Salah satunya mendorong terbentuknya Ishari (Ikatan Seni Hadrah Indonesia) disetiap kecamatan bahkan sampai ke tiap-tiap desa.

“Kami ingin semua daerah memiliki grup Ishari, kalau kesulitan alat, langsung lapor saya, nanti saya bantu,”ucapnya.

Sementara itu Hj. Aisyah Lilia Agustina yang menjadi salah satu anggota DPW PKB Jatim mengatakan festival Al Banjari digelar sebagai bagian nguri uri atau merawat budaya Islam nusantara. Dikatakannya pelaksanaan festival Al Banjari sendiri dibagi menjadi enam zona wilayah di Jawa Timur. Kabupaten Sidoarjo menjadi tuan rumah di zona satu. Selain Kabupaten Sidoarjo, peserta zona pertama terdiri dari Kota Surabaya, Kabupaten Mojokerto, Jombang dan Nganjuk.

“Kebetulan Sidoarjo ini menjadi tempat ditunjuk untuk mewakili zona satu,”ucapnya.

Dikatakannya dalam festival Al Banjari tahun ini akan ditetapkan lima pemenang. Para pemenang tersebut akan diikutkan pada grand final di Kota Surabaya. Saat ini peserta yang mendaftar sudah mencapai 80 grop Al Banjari dari kabupaten kota di zona pertama.

“Untuk lima pemenang nanti akan diberi hadiah, transport sebesar dua juta lima ratus ribu rupiah, sedangkan total hadiah festival Al Banjari keseluruhan sebanyak Rp. 250 juta.

Pengunjung

Online : 0

Pengunjung hari ini : 87

Kunjungan hari ini : 363

Pengunjung kemarin : 132

Kunjungan kemarin : 375

Total Pengunjung : 23546

Total Kunjungan : 59793

Home

© 2021 PT.Sidoarjo Maju Media. All Rights Reserved.

Design by Velocity Developer

NEWSTICKER
No post ...