SHARE NOW

ES TONG TONG, ES KRIM TRADISIONAL DARI INDONESIA

TVSidoarjo – Es Tong Tong atau biasa disebut denga es puter/es tung tung/es dung dung merupakan kudapan atau hidangan berupa es krim yang berasal dari Indonesia. Pada umumnya Es Tong Tong terbuat dari bahan dasar santan sebagai pengganti susu.  Penggunana bahan dasar santan dalam pembuatan es tong tong inilah yang justru membuat kudapan ini memiliki citarasa yang gurih ketika dinikmati.

Dalam proses pembuatan es tong tong / es puter sendiri, adonan diputar-putar dalam alat pembuat es hingga mengkristal. Sementara itu, nama es dung dung diambil dari onomatope suara yang keluar dari gong mini gantung yang biasanya dipukul-pukul oleh penjual saat menjajakan esnya.

Namun jika melihat dari sejarah awal dari es tong tong/ es puter ini adalah berawal dari keterbatasan orang Indonesia yang tidak mampu untuk menikmati es krim yang pada masa itu es krim sendiri hanya bisa dinikmati oleh kaum tertentu saja, maka dari itulah muncul lah sebuah ide dan inovasi dalam pembuatan es krim dengan mengganti bahan utama yaitu susu dengan santan kelapa, yang kemudian dipadukan buah-buahan lokal seperti kelapa muda, nangka, atau durian dan terciptalah es krim yang citarasa “lebih Indonesia”, dan akhirnya lahirnya es tong-tong atau es puter hingga sampai saat ini.

Penyajian es krim tradisonal ini sangatlah sederhana yaitu dengan menyiapkan cone berbentuk kerucut atau dengan diapit dua sisi roti tawar, atau dinikmati dalam gelas kaca atau wadah, lalu kemudian diberi tambahan seperti, ketan hitam, tamburan kacang, potongan buah nangka atau ditambah dengan sagu mutiara

 

Sumber : BBS

Jurnalis : Wiji

Gambar : 3bpblogspot

Pengunjung

Online : 1

Pengunjung hari ini : 110

Kunjungan hari ini : 262

Pengunjung kemarin : 144

Kunjungan kemarin : 419

Total Pengunjung : 32575

Total Kunjungan : 78114

Home

© 2021 PT.Sidoarjo Maju Media. All Rights Reserved.

Design by Velocity Developer

NEWSTICKER
No post ...