SHARE NOW

*Banjir Lahar Dingin Terjang Lumajang*

*Banjir Lahar Dingin Terjang Lumajang*

Banjir Dusun Bondeli, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Jawa Timur terjadi lagi di kawasan Gunung Semeru.

Kali ini banjir menyeret satu unit truk pasir masuk dalam kolong jembatan imbas tingginya intensitas hujan deras turun sore ini, Minggu (20/11).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang mengidentifikasi sejumlah bencana alam yang berpotensi terjadi di daerah ini.

Selama masa pancaroba dari musim kemarau ke penghujan, ancaman bencana hidrometeorologi hingga erupsi Gunung Semeru yang harus diwaspadai.

Kepala BPBD Lumajang Patria Dwi Hastiadi memapaparkan sejumlah potensi bencana hidrometeorologi yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu di tengah musim pancaroba ini, di antaranya banjir, angin puting beliung, hingga tanah longsor. Selain itu juga ancaman erupsi dari Gunung Semeru.

Selain potensi itu, menurut Patria, letak geografis Kabupaten Lumajang yang berhadapan langsung dengan pantai selatan juga berpotensi menghadapi bencana tsunami.

Pihaknya telah melakukan pemetaan wilayah rawan jika terjadi bencana tsunami. Ada 5 kecamatan di Lumajang berada di wilayah pesisir selatan Jawa yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia, yakni Kecamatan Yosowilangun, Kunir, Tempeh, Pasirian dan Tempursari.

“Tentu kita tidak menginginkan ada tsunami, tapi kita punya kawasan sepanjang 75 kilometer yang berbatasan langsung dengan laut, dan ancaman tsunami itu nyata,” tambahnya.

Maka dari itu, pihaknya terus memberi imbauan sekaligus menggencarkan pendidikan tanggap bencana kepada masyarakat. Selain itu, BPBD juga membuka layanan call center untuk berjaga dan siaga akan adanya laporan mengenai kebencanaan.

Rica/TvS.

Pengunjung

Online : 0

Pengunjung hari ini : 0

Kunjungan hari ini : 0

Pengunjung kemarin : 101

Kunjungan kemarin : 119

Total Pengunjung : 24353

Total Kunjungan : 62032

Home

© 2021 PT.Sidoarjo Maju Media. All Rights Reserved.

Design by Velocity Developer

NEWSTICKER
No post ...