SHARE NOW

Hari Lahir Pancasila, Waktu yang tepat untuk refresh kembali pemahaman Pancasila.

Pancasila adalah dasar negara indonesia yang merupakan pijakan fundamental dari berdirinya sebuah negara. Sebagai dasar negara, Pancasila menjadi sumber dari segala hukum yang berlaku di indonesia. Tak hanya sebagai dasar negara, Pancasila juga disebut sebagai ideologi negara.
Pancasila disebut sebagai landasan ideologi negara, dimana di dalamnya memuat lima sila yang mencakup keseluruhan aspek dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Landasan ideologi negara juga dapat dimaknai bahwa Pancasila ini merupakan dasar atau fundamental, dimana di dalamnya memuat norma dan nilai-nilai yang bisa harus dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari.
Pancasila memberikan makna sebagai idiologi negara.
1. Nilai Integratif Bangsa
2. Cita – Cita Bangsa
3. Kontrol Sosial
4. Dasar Pembangunan
5. Dasar meghadapi Perkembangan Global

Sejarah lahirnya pancasila diawali dengan kekalahan Jepang pada Perang Pasifik yang terjadi ditahun 1941 hingga 1945. Terdesaknya Jepang di perang Pasifik membuat pihak jepang akhirnya menarik perhatian masyarakat indonesia dengan menjanjikan kemerdekaan dan membentuk sebuah lembaga yang Bernama “Dokuritsu Jumbi Cosakau” atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).
Sidang pertama BPUPKI digelar di Gedung “Chuo Sangi In” pada 29 Mei 1945 yang sekarang di kenal sebagai gedung Pancasila yang berlangsung selama lima hari.
Hari Lahir Pancasila disebutkan bahwa untuk pertama kalinya Pancasila sebagai dasar negara diperkenalkan oleh Ir.Soekarno di depan sidang anggota Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada Tanggal 1 Juni 1945. Pancasila mengalami perkembangan hingga menghasilkan naskah piagam Jakarta oleh Panitia Sembilan pada tanggal 22 Juni 1945 dan disepakati menjadi rumusan final pada tanggal 18 Agustus 1945 menjadi satu kesatuan proses lahirnya Pancasila sebagai Dasar Negara oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

Jurnalis : Laks

Pengunjung

Online : 0

Pengunjung hari ini : 40

Kunjungan hari ini : 89

Pengunjung kemarin : 72

Kunjungan kemarin : 103

Total Pengunjung : 16892

Total Kunjungan : 43770

Home

© 2021 PT.Sidoarjo Maju Media. All Rights Reserved.

Design by Velocity Developer

NEWSTICKER
No post ...