SHARE NOW

Kemenhub Membuka Pendaftaran Mudik Gratis Tahap Kedua, Pekan Depan

Pendaftaran mudik gratis 2022 telah dibuka oleh Direktorat Jendral Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan tahap kedua pada hari senin, (18/04). Sedikitnya anggaran yang disiapkan sebesar Rp 10 miliar untuk menyiapkan terselenggaranya mudik gratis tahap kedua tersebut.

“Pak Menteri minta lagi. Jadi, saya tambah Rp 10 miliar lagi. Jadi semuanya Rp 20 miliar,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi kepada Tempo, Jumat, (15/04).

Ia menjelaskan, penambahan anggaran tersebut disiapkan untuk mudik gratis untuk masyarakat atau sepeda motot yang bisa dibawa dari Jakarta ke beberapa kota tujuan, baik J Jawa Tengah maupun Jawa Barat.

Pasalnya, kuota untuk mdik gratis 2022 tahap pertama ini sudah habis diburu oleh masyarakat dalam kurun waktu tiga hari dengan total hampir 10 ribu. “Pendaftaran tahap satu dibuka selama lima hari dan hari pertama sudah habis 40 persen, saking banyaknya yang ingin mudik. Kemudian, aplikasi kita sempat ada kerusakan,” kata Budi.

Budi mengatakan dengan tambahan anggaran yang ditambahkan tersebut, Kemenhub bisa dapat menambah sekitar 686 unit bus dengan jumlah penumpang sekitar 50.580 orang.“ Kita juga tambah jumlah truk 64 unit. Dengan demikian, sepeda motor yang bisa kita bawa nantinya sebanyak 1.920 motor,” katanya.

Tambahan anggaran untuk mudik tahap kedua ini berasal dari Direktorat Jendral Perhubungan Darat Kemenhub. “Dari APBN kita, tapi selain dari Kementerian Perhubungan yang menyelenggarakan mudik gratis ada dari Kementerian BUMN yang dikoordinir oleh Jasa Raharja. Kemudian, Dishub DKI dan Pak Menteri juga memerintahkan Dirjen Kereta Api dan Laut,” kata Budi.

Selain menambah anggaran dan kendaraan juga, Kemenhub juga menambahkan kota tujuan mudik gratis yang semula 14 kota sekarang ditambah menjadi 12 kota.
Tujuan 12 kota ini meliputi daerah Slawi, Pamalang, Pati, Jepara, Blora, Purwodadi, Cilacap, Garut, Tasikmalaya, Cirebon, Ngawi, dan Surabaya. “Ini tambahannya dan yang 14 belas masih tetap. Jadi, semuanya 26 kota tujuan,” ucapnya.

Tercatat saat ini ada sekitar 26 kota tujuan yang paling diminati pemudik yakni kota yang mengarah ke Purwokerto, Semarang, Yogyakara, dan sekitar Pemalang.
Budi mengatakan untuk saat ini, Kemenhub menyelenggarakan mudik gratis ke pulau jawa. Namun, Kemenhub juga akan memperluas kota tujuan di luar pulau jawa seperti Sumatra yang ada pada program mudik tahun depan.

Selain keterbatasan anggaran, Budi mengatakan bahwa Kemenhub tidak membuka mudik gratis ke luar Pulau Jawa karena adanya keterbatasan. “Karena kan sebetulnya mudik 2022, kita tidak siapkan sejak awal,” katanya.
Sumber: Kemenhub
Jurnalis: Asep

Pengunjung

Online : 0

Pengunjung hari ini : 51

Kunjungan hari ini : 58

Pengunjung kemarin : 87

Kunjungan kemarin : 180

Total Pengunjung : 17080

Total Kunjungan : 44112

Home

© 2021 PT.Sidoarjo Maju Media. All Rights Reserved.

Design by Velocity Developer

NEWSTICKER
No post ...