SHARE NOW

Ratusan Tukang Sampah Geruduk Pendopo Sidoarjo Protes Soal Retribusi,Sampah di buang masuk ke pintu Pendopo.

Ratusan Tukang Sampah Geruduk Pendopo Sidoarjo Protes Soal Retribusi,Sampah di buang masuk ke pintu Pendopo.

Ratusan tukang sampah yang berasal dari 18 kecamatan di Sidoarjo menggeruduk Pendopo Delta Wibawa. Mereka datang dengan membawa gerobak sampah, bahkan disertai dengan sampah yang baru diambilnya dari rumah warga.
Para tukang sampah ini keberatan atas besaran tarif retribusi sampah yang harus dibayar. Massa yang tergabung dalam Paguyuban Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) seluruh Sidoarjo ini meminta Peraturan Bupati (Perbub) Nomor 116/117/118 tahun 2022 tentang pedoman perhitungan pengelolaan sampah dicabut.

Ketua Paguyuban Pengelola TPST se-Sidoarjo Hadi Purnomo mengatakan tukang sampah yang setiap hari mengambil sampah dari rumah tangga dan dibawa ke TPST merasa keberatan dengan Perbup nomor 116/117/118 tahun 2022.

“Perbup yang baru ini sangat merugikan pekerja pemungut sampah, karena tarifnya berdasarkan tonase. Sementara itu setiap orang ditaksir menghasilkan sampah 0,6 kilogram per hari. Setiap kilogramnya sampah dipatok Rp 500 rupiah. Jadi setiap bulannya per kepala rumah tangga dikenakan Rp 70 ribu. Kemudian, pekerjanya mendapatkan apa,” kata Hadi di lokasi unjuk rasa, Selasa (16/5/2023).

Sementara itu, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali sempat menemui massa. Gus Muhdlor, sapaan akrabnya mengatakan, latar belakang dibuatnya perbup sampah ini untuk mengurangi volume sampah yang ada di TPA Jabon.

Gus Muhdlor menyebut sampah yang dikirim di TPA Jabon saat ini sudah overload karena mencapai 600 ton per harinya. Bila hal itu dibiarkan terus, maka umur TPA Jabon diprediksi hanya mampu bertahan 5 tahun.

Dalam aksi itu, massa juga membentangkan sejumlah poster kecaman. Diantaranya, Tarif Mahal Bukan Solusi Mengatasi Sampah, Tolong Dengar Jeritan Rakyat Bawah, Warga Keberatan Sengaja Tarif Sampah yang Mahal, Ngelolah Sampah itu Tidak Mudah Jadi Jangan Tambah Masalah, Batalkan Perbup Nomor 116, 117 dan 118 Tahun 2022 serta Hidup Sudah Susah, Biaya Hidup Mahal Kami Jangan Ditambah Susah dengan Tarif Mahal.

 

NEWSTICKER
No post ...