SHARE NOW

Waspada!!! Beberapa Daerah di Indonesia Akan Dilanda Hujan dengan Itensitas renadh dan gelombang tinggi di laut sulawesi

Hujan dengan skala sedang telah melanda beberapa Ibu Kota Provinsi. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan pada hari ini, Sabtu, (28/05/2022). Yakni di Bandung, Surabaya, Kendari, dan Medan.

Namun, beberapa kota kemungkinan juga terkena hujan dengan skala ringan yakni di sekitar Denpasar, Serang, Bengkulu, Yogyakarta, Gorontalo, Jambi, Semarang, Pontianak, Tarakan, Ambo, Ternate, dan Mamuju.

BMKG telah memantau adanya pusat tekanan rendah di Samudra Hindia Barat daya Banten yang membentuk daerah konvergensi memanjang di bagian Samudra Hindia barat daya Banten, dari pesisir barat Bengkulu hingga Lampung. Kemudian, dari pesisir utara Jawa Tengah hingga perairan sebelah selatan Jawa Barat.

Sirkulasi Terpantau berada di daerah Maluku Utara dan Samudra Pasifik utara Papua Barat yang membentuk daerah konvergensi memanjang di Samudra Pasifik Papua dan di Papua Barat.

Daerah konvergensi selanjutnya yakni memanjang di daerah Aceh, dari Sumatra Utara hingga Riau, di Laut Jawa sebelah utara Pulau Madura, di Kalimantan Tengah, di Sulawesi Tengah, di perairan utara Sulawesi Utara, di Laut Arafura, dan di Papua.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan yang berada disekitar pusat tekanan rendah, sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Sementara untuk suhu udara di Bandung berkisar antara 18-34°C. Untuk suhu tertinggi berada di Denpasar, Jakarta Pusat, Palangkaraya, dan Kupang.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari selatan-barat dengan kecepatan angin berkisar 8-25 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur-selatan dengan kecepatan angin berkisar 8-25 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan utara Sabang, Selat Malaka bagian utara, perairan utara Halmahera, perairan barat Lampung, Selat Sunda, perairan selatan Banten Jawa Barat hingga Jawa Tengah.

Tinggi gelombang 4-6 meter (sangat tinggi) berpeluang terjadi di Laut Sulawesi bagian timur.

Sumber: BMKG
Jurnalis: Asep

NEWSTICKER
No post ...