SHARE NOW

BPS Sidoarjo Replikasi Inovasi e-SKM Milik Pemkab Sidoarjo

TVSidoarjo – Elektronik Survey Kepuasan Masyarakat atau e-SKM menjadi salah satu inovasi yang dibuat Pemkab Sidoarjo. Inovasi tersebut menarik Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sidoarjo untuk direplikasi.

Penandatangan bersama komitmen replikasi inovasi teknologi sistem pengukuran Survey Kepuasan Masyarakat Elektronik antara BPS Kabupaten Sidoarjo dengan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dilakukan hari ini, Selasa, (19/4) di ruang Delta Wicaksana kantor Pemkab Sidoarjo. Penandatangan dilakukan oleh Plh. Sekda Sidoarjo Andjar Surjadianto S.Sos dengan Kepala BPS Sidoarjo Indriya Purwaningsih M.T.

Andjar Surjadianto berharap BPS Sidoarjo dapat memanfaatkan semaksimal mungkin inovasi aplikasi e-SKM yang dibuat Pemkab Sidoarjo. Namun dirinya juga meminta masukan bagi perbaikan aplikasi tersebut.

“Monggo nanti bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin dan kalau misalnya ada perbaikan dan dirasa itu nilai yang lebih baik, kami bisa diberitahu,”pintanya.

Andjar mengatakan diciptakannya aplikasi e-SKM dilatarbelakangi oleh kegiatan survey yang dilakukan setiap OPD terhadap layanan yang telah diberikan. Pengajuan anggaran masing-masing OPD untuk kegiatan itu setiap tahunnya cukup banyak. Melihat hal itu tercetus ide untuk membuat e-SKM tersebut.

“Sehingga ada sebuah ide bagaimana kalau ini disatukan (SKM OPD), dan dibuatlah aplikasi yang di handle oleh bagian organisasi, dari sisi ekonominya itu anggaran kita tidak lagi dibelanjakan untuk masing-masing OPD yang harus melakukan survey tetapi cukup sekali pada saat awal dan kemudian kita lakukan belanja membuat aplikasi itu dan akhirnya bisa terimplementasikan,”ujarnya.

Kepala BPS Sidoarjo Indriya Purwaningsih menyampaikan ucapan terimakasih telah diperbolehkan mereplikasikan inovasi e-SKM ciptaan Pemkab Sidoarjo. Menurutnya inovasi seperti ini sangat dibutuhkan instansinya untuk terus berbenah dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat.

“Ini merupakan juga kewajiban kami untuk selalu berbenah, untuk selalu terbuka, oleh karenanya kami juga butuh saran masukan terhadap pelayanan BPS kami,”ucapnya.

Indriya mengakui keterbatasan anggaran dan SDM menjadi kendala untuk dapat menciptakan inovasi seperti ini. Oleh karenanya kerjasama dengan Pemkab Sidoarjo sangat dibutuhkannya. Koordinasi dan kolaborasi akan selalu dilakukannya. Dan dirinya bersyukur Pemkab Sidoarjo mensupport apa yang dilakukan BPS Sidoarjo selama ini.

“Terimakasih sekali lagi support nya Pemda Sidoarjo terhadap BPS Sidoarjo yang luar biasa yang telah kami rasakan sehingga kami bisa berkolaborasi baik dengan Kominfo dan Pemerintah daerah secara keseluruhan,”ucapnya.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Asisten Administrasi Umum Setda Sidoarjo Drs. Achmad Zaini MM, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Fredik Suharto S.Sos. MM, Kepala Bagian Organisasi Setda Sidoarjo Arif Mulyono S.STP. M.HP serta pejabat Dinas Kominfo Sidoarjo.

Sumber : pemkab sidoarjo
Jurnalis; Noe

NEWSTICKER
No post ...