SHARE NOW

Jokowi  Ungkap Potensi 800 Juta Warga Dunia Kelaparan Akut Imbas Krisis

TVSidoarjo – Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) kembali berbicara mengenai kondisi dunia saat ini yang menurutnya sedang tidak baik-baik saja akibat perang antara Rusia dan Ukraina.

“Perlu saya ingatkan kepada kita semua bahwa dunia pada saat ini tidak berada dalam posisi yang baik-baik saja. Setelah hampir 2,5 tahun dunia, seluruh negara mengalami sakit berbarengan karena pandemic covid-19 dan baru akan melakukan pemulihan tapi muncul sesuatu yang dadakan yang tidak kita perkirakan sebelumnya, sakitnya belum sembuh, muncul yang Namanya perang di Ukraina”, kata Jokowi dalam kegiatan Zikir Kebangsaan di halaman Istana Merdeka, Senin (1/8/2022).

Presiden Jokowi mengungkapkan ada kemungkinan 800 juta warga dunia kelaparan akut  imbas krisis pangan. Hal tersebut diakibatkan oleh terhambatnya pasokan gandum di Ukraina dan Rusia. “Inilah yang sekarang ini menyebabkan 333 juta orang kelaparan dan mungkin 6 bulan lagi bisa 800 juta orang akan kelaparan dan kekurangan makan akut karena tidak ada yang dimakan”, ungkap Jokowi.

Presiden Jokowi sempat menanyakan  stok gandum yang saat ini dimiliki oleh Rusia dan Ukraina ketika dirinya mengunjungi kedua negara tersebut. “Saat ini saya ketemu Presiden Ukraina Zelensky, ada stok di Ukraina di Gudang 22 juta ton, stok proses panen 55 juta ton, artinya 77 juta gandum di Ukraina gak bisa keluar karena perang”, kata Jokowi.

“Pindah ke Moskow ketemu Presiden Putin cerita juga ada stok gandum di Rusia 130 juta ton, berarti Ukraina plus Rusia jumlah stok gandum ada 207 juta ton”, imbuhnya.

Disisi lain Presiden Jokowi bersyukur di Indonesia beras masih bisa kita cari dan tidak naik sama sekali. Ini patut kita syukuri berkat kerja keras dari seluruh elemen masyarakat. “Alhamdulillah beras di Indonesiajuga masih bisa kita cari dan tidak naik sama sekali. Ini patut kita syukuri berkat kerja keras bapak, ibu, dan saudara semuanya, berkat ikhtiar kita, gotong royong bersama-sama”, kata Jokowi.

 

Sumber : Sekpres

Pengunjung

Online : 0

Pengunjung hari ini : 14

Kunjungan hari ini : 17

Pengunjung kemarin : 90

Kunjungan kemarin : 143

Total Pengunjung : 12521

Total Kunjungan : 35978

Home

© 2021 PT.Sidoarjo Maju Media. All Rights Reserved.

Design by Velocity Developer

NEWSTICKER
No post ...