SHARE NOW

Peduli Lansia dan Anak-Anak Kab.Sidoarjo Launching Sekolah SAYANG Orang Tua Hebat dan Selantang SAYANG

 

Sidoarjo – Pemerintah Kabupaten Sidoarjo bersama Dinas P3AKB dan BKKBN melaunching Sekolah SAYANG Orang Tua Hebat dan Selantang SAYANG di Kabupaten Sidoarjo, yang dilakukan di Balai Desa Kepuh Kemiri Kecamatan Tulangan. Sekolah SAYANG BKB berada di Villa Jasmin Desa Suko sedangkan Selantang SAYANG BKL Gading di Desa Kepuhkemiri Kecamatan Tulangan.

Dalam laporannya Kepala Dinas P3AKB Ainun Amalia menjelaskan BKKBN sebagai institusi yang diberikan mandat untuk menjalankan program Bangga Kencana dengan menterjemahkan kebijakan pembangunan dengan cara membentuk berbagai kelompok kegiatan yang langsung menyentuh keluarga diantaranya BKL, BKB dan BKR, pembentukan karakter sejak dini dalam mempersiapkan SDM Indonesia yang unggul berkualitas dan berdaya saing dimulai dari keluarga sangatlah penting mengingat semakin pentingnya pembentukan karakter sejak dini dalam keluarga khususnya keluarga balita dan anak-anak maka perlu dioptimalkan peningkatan pemahaman dan penerapan peran keluarga melalui sekolah orang tua hebat di kelompok BKB.

Kemudia dalam rangka meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat kelompok usia lanjut dan kelompok BKL maka juga dikembangkan sekolah lansia yang merupakan perwujudan dari konsep belajar sepanjang hayat atau live long learning di Kabupaten Sidoarjo, sehingga pada tahun 2022 dibentuk satu percontohan Sekolah Orang Tua Hebat dan satu percontohan Sekolah Lansia.

“Dan yang menjadi tujuan dari kegiatan ini yaitu terbentuknya model sekolah orang tua hebat di kelompok BKB dalam rangka pembinaan tumbuh kembang dan pembentukan karakter anak sejak usia dini di Kabupaten Sidoarjo meningkatkan kualitas kegiatan kelompok BKL dalam mewujudkan lansia tangguh di Kabupaten Sidoarjo,”katanya, Kamis (01/9/2022).

BKB Villa Jasmine yang merupakan percontohan SOTH (Sekolah Orang Tua Hebat) Kabupaten Sidoarjo tempat belajar nantinya bertempat di Balai desa Suko Kecamatan Sidoarjo dengan jumlah siswa 40 Ibu balita dengan pertemuan seminggu dua kali selama 3 bulan, sedangkan BKL Gading Desa Kepuh Kemiri Kecamatan Tulangan untuk percontohan sekolah lansia tangguh dengan tempat belajar di Balai Desa Kepuh Kemiri dengan jumlah siswa 70 lansia dengan pertemuan 1 bulan 2 kali selama 6 bulan.

Ketua TP.PKK Kabupaten Sidoarjo Hj. Sa’adah hmad Muhdlor, S.Hum bersama anggota Komisi IX DPR RI Arzeti Bilbina, Koordinator Bidang Keluarga Sejahtera Pemberdayaan Kelurga BKKBN Prov. Jatim Dra. Suhartuti, MM., serta beberapa instansi terkait secara resmi melaunching Sekolah SAYANG Orang Tua Hebat ab Selantang SAYAng di Kabupaten Sidoarjo yang ditandai dengan pemukulan Gong oleh Ketua TP.PKK Kab. Sidoarjo.

Dalam sambutannya Ketua TP-PKK Sidoarjo yang akrab dipanggil Ning Sasha menyampaikan bahwa Kabupaten Sidoarjo ini merupakan Kabupaten ke-3 di Provinsi Jawa Timur yang sudah melaunching Sekolah Orang Tua Hebat dan Sekolah Tangguh dimana itu artinya bahwa sinergitas instansi terkait hingga ke tingkat kecamatan dan desa itu akan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat hal ini bisa dilihat dari segenap warga yang begitu antusias menyambut program yang telah digagas oleh BKKBN provinsi ini.

Seperti diketahui data jumlah penduduk Lansia di Indonesia berdasarkan BPS tahun 2020 sebesar 6,82 juta jiwa atau sekitar 9,92% dari populasi penduduk Indonesia hal ini berarti Indonesia menuju era penduduk menua (Aging population) karena jumlah penduduk lansia hampir menembus angka 10%. Dengan demikian semakin meningkatnya usia maka akan semakin banyak permasalahan kesehatan yang akan dialami oleh karena adanya penurunan kapasitas intrinsik maupun fungsional dan semakin tinggi resiko mengalami keterbatasan. Untuk itu kondisi demikian bisa dicegah dan dihambat dengan upaya pencegahan sejak usia menengah pada waktu kapasitas intrinsik kemampuan fungsional dalam posisi puncak dan sekolah lansia tangguh selantang nantinya akan menjadi pendidikan non formal di BKL Kabupaten Sidoarjo, dengan nama Sekolah Lansia Tangguh SAYANG atau Selantang SAYANG yang mempunyai arti sekolah lansia tangguh untuk Sidoarjo yang gemilang karena lansia yang smart sehat mandiri aktif dan produktif.

“Bersyukur sekali kita di Indonesia khususnya di Jawa Timur ada atensi perhatian lebih kepada para lansia yang intinya di mana di sekolah ini nantinya bapak dan Ibu tidak hanya bisa mendapatkan teman untuk bisa saling bercerita bertukar informasi wawasan bahkan di sekolah ini akan banyak sekali tambahan wawasan yang diberikan oleh ahlinya. Dan harapan saya kepada narasumber untuk lebih atraktif, yang informatif agar tidak menimbulkan kejenuhan kepada para siswa bahkan peserta bisa jadi mengajukan protes jika narasumber membosankan atau bahkan membuat ngantuk, narasumber harus lebih friendly agar para lansia lebih bersemangat dalam menerima materi karena jika nantinya program ini menjadi kurang diminati hanya akan diikuti di awal saja setelah itu semakin lama peserta semakin berkurang untuk itu saya harapkan hal ini tidak akan terjadi di Kabupaten Sidoarjo dan kepada semua peserta didik baik di Desa Suko maupun di Desa Kepuh Kemiri pesertanya selalu bersemangat mengikuti,”ujarnya.

Senada dengan Ning Sasha, Anggota Komisi IX DPR RI Arzeti pun menyampaikan selaku mitra dari komisi 9 BKKBN memang sudah cukup luar biasa disela-sela padat kesibukan dan aktivitasnya yang betul-betul sampai ke akar rumput bawah dengan membuat sekolah sekolah untuk para orang tua hebat. Dimana para lansia akan menjadi kita lebih kreatif dan produktif dan tentunya pulang dari setiap kegiatan itu akan terlihat selalu bahagia dan semangat.

“Dengan kependidikan yang diberikan BKKBN akan memberikan kita menjadikan kita seorang perempuan-perempuan senior lebih semangat lagi lebih kreatif lagi lebih menjadikan kiblat bagi yang muda-muda untuk bisa mencontoh semangat bapak/Ibu yang mengikuti sekolah Selantang SAYANG dan juga tentunya bagi sahabat-sahabat perempuan yang sebagai ibu yang harus mengurus anaknya dengan berbagai macam permasalahan, Alhamdulillah BKKBN menfasilitasi kita untuk menjadi orang tua hebat dengan mengikuti sekolah orang tua hebat bagi semua pendidik-pendidik hebat,”tambahnya.

Pada saat proses pembelajaran selesai maka para peserta akan melaksanakan WIUSUDA dan menerima Serifikat kelulusan baik untuk Sekolah SAYANG Orang Tua Hebat maupun Selantang SAYANG. Dan pada kesempatan ini pula dilaksanakan penandatanganan kerjasama dalam pelaksanaan pembelajaran SOTH dengan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo pada prodi Psikologi yang merupakan salah satu program pengabdian Universitas Muhammdiyah di Sidoarjo. (Day)

Pengunjung

Online : 3

Pengunjung hari ini : 36

Kunjungan hari ini : 83

Pengunjung kemarin : 72

Kunjungan kemarin : 103

Total Pengunjung : 16888

Total Kunjungan : 43764

Home

© 2021 PT.Sidoarjo Maju Media. All Rights Reserved.

Design by Velocity Developer

NEWSTICKER
No post ...