SHARE NOW

Satgas COVID-19: Indonesia Mulai Transisi Menuju Fase Endemi

TVSidoarjo – Juru bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito, menyatakan saat ini Indonesia mulai bertransisi dari pandemi COVID-19 menuju fase endemi. Menurutnya, perubahan itu terlihat dari adanya penurunan tren angka kasus perawatan di rumah sakit termasuk layanan intensif dan kematian akibat COVID-19.

“Bisa dikatakan saat ini Indonesia sudah tidak lagi dalam kondisi kedaruratan dalam respons pandemi COVID-19 dan mulai bertransisi menuju fase endemi,” katanya dalam konferensi pers, Selasa (10/5).

Menurunnya efek COVID-19 terhadap perilaku sosial dan ekonomi masyarakat juga menjadi indikator bahwa Indonesia mulai bertransisi menuju endemi. Kata Wiku, kini pertumbuhan ekonomi mulai meningkat, angka pengangguran menurun, indeks belanja, dan mobilitas masyarakat ke luar rumah juga meningkat. Kendati demikian, pengendalian serta pengawasan akan tetap dijalankan dengan bentuk yang menyesuaikan situasi dan kondisi terkini.

“Untuk itu Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) masih diberlakukan sebagai instrumen pengendalian COVID-19 yang secara fakta telah mampu melandaikan kondisi kenaikan kasus dan mempertahankannya hingga saat ini. Selain itu penggunaan masker masih tetap diwajibkan sebagaimana arahan Badan Kesehatan Dunia (WHO) bahwa itu menjadi bagian strategi pencegahan COVID-19 yang komprehensif,” ujarnya.

Wiku menambahkan, saat ini pemerintah telah resmi menyampaikan kebijakan PPKM akan berlanjut sampai kondisi COVID-19 pada tingkat internasional dan nasional dapat terkendali dengan baik. Dengan demikian per 10 Mei 2022 pemerintah kembali memperpanjang PPKM dengan merilis Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) No 24 Tahun 2022 tentang PPKM di Pulau Jawa dan Bali. Lalu, Instruksi Mendagri No 25 Tahun 2022 tentang PPKM di wilayah non Pulau Jawa dan Bali.

“PPKM ini akan berlaku sampai tanggal 23 Mei 2022. Kemudian, masih ada satu wilayah Jawa yang berada di level III yaitu Kabupaten Pamekasan. Sedangkan, untuk wilayah non Jawa dan Bali masih terdapat 22 kabupaten/kota yang masih berada di level III,” pungkasnya.

 

Sumber : satgascovid19

jurnalis: alam

Pengunjung

Online : 0

Pengunjung hari ini : 12

Kunjungan hari ini : 14

Pengunjung kemarin : 90

Kunjungan kemarin : 143

Total Pengunjung : 12519

Total Kunjungan : 35975

Home

© 2021 PT.Sidoarjo Maju Media. All Rights Reserved.

Design by Velocity Developer

NEWSTICKER
No post ...