SHARE NOW

Tandingi Kapal Selam Nuklir Australia, Indonesia Siap Produksi Kapal Selam Tanpa Awak

*Tandingi Kapal Selam Nuklir Australia, Indonesia Siap Produksi Kapal Selam Tanpa Awak*

Menandingi kerjasama Australia, Inggris dan US yang akan membuat kapal nuklir, Indonesia tengah mengembangkan produk terbaru yakni Kapal Selam Autonomous (KSOT) atau dikenal dengan label kapal selam tanpa awak – Unmanned Underwater Vehicle (UUV).

“Proyek kapal selam autonomous ini merupakan mandat dari Kementerian Pertahanan kepada PAL. Sudah sejak beberapa waktu lalu, kita diharapkan bisa menghasilkan suatu produk kapal selam yang memiliki efek gempur yang tinggi sekaligus dikendalikan tanpa awak” terang CEO PAL Kaharuddin Djenod.

Berlokasi di Pameran Indo Defence 2022, CEO PT PAL Indonesia melakukan penandatanganan MoU dengan Diehl Defence, yang diwakili Helmut Rauch selaku CEO perusahaan asal Jerman tersebut.

Kapal selam autonomous bisa dibangun dalam kurun waktu yang terbilang singkat, yakni kurang lebih selama 12 bulan dan siap menjalankan fungsi asasi tempur.

Dan KSOT sendiri memiliki periode operasi yang sangat panjang, dimana hal ini tidak dapat dilakukan oleh kapal selam dengan awak. Konsep strategi yang diusung KSOT hampir mirip dengan Kapal Serang Ringan (KSR).

Rica/TvS

NEWSTICKER
No post ...