SHARE NOW

Kisah Karomah KH Abdul Hamid Pasuruan.

Kyai yang memiliki akhlaq sangat mulia dan sopan dalam bermasyarakat ini mulai beliau hidup hingga  wafat terus menjadi panutan dan figur bagi penduduk tanah Jawa khususnya masyarakat Pasuruan.

 

Selain itu juga mungkin pernah mendengar atau membaca tentang sejumlah karomah yang dimiliki kyai kelahiran kota Lasem Jawa Tengah tersebut, Sedangkan karomah itu sendiri bisa diketahui sebagai salah satu keistimewaan yang diberikan oleh Allah SWT kepada orang tertentu, yang menjadi kekasih-Nya, dan yang selalu takut kepada-Nya.Karomah tersebut biasanya keluar dengan sendirinya tanpa diduga atau langsung dari Allah SWT.Kalau kita bahas tentang karomah pastinya kurang lengkap kalau hanya sebatas keterangan saja.  Kita akan kembali mengungkap salah satu keistimewahan atau karomah yang dimiliki kyai Abdul Hamid.

 

 Kota pasuruan adalah periode emas dari perjalanan spiritual beliau. disinilah beliau mulai mengasah diri dengan pancaran ruhhul ilahiyah yang begitu cemerlang.di kota Pasuruan ini beliau semakin mendekatkan diri pada kalangan ulama dan habib kususnya dengan Habib Ja’far bin Syaikhon Assegaf pasuruan yang merupakan guru utama beliau.

 

Bersama habib ja`far inilah spiritual beliau semakin terlihat, hal ini diakui oleh habib ja`far bahwa dibanding murid yang lain, kyai hamid memiliki keunggulan tersendiri yang sangat sulit dicapai oleh murid lainnya.

 

Kekaguman dan kepercayaan habib ja`far diwujudkan dengan dipercayakan kepasa  Kyai Hamid untuk menjadi imam sholat Maghrib dan isya` di kediaman habib ja`far, meski demikian kyai hamid tetap tidak mengurangi takzim beliau kepada sang guru.

 

Keunggulan kyai hamid di bidang keilmuan mungkin dapat diungguli oleh orang lain, namun dua hal menjadi kelebihan tesendiri bagi kyai hamid adalah sifat zuhud dan tawadhu yang jarang dimiliki oleh orang lain. bahkan ketika habib ja`far wafat ketika ziaroh ke makam habib ja`far kyai hamid sangking takzimnya dan tawadu nya tidak berani duduk lurus pada posisi kepala tapi selalu duduk pada posisi kaki habib ja`far. inilah sifat tawaddhu beliau yang sangat tinggi.

 

 

 

Pengunjung

Online : 1

Pengunjung hari ini : 51

Kunjungan hari ini : 58

Pengunjung kemarin : 87

Kunjungan kemarin : 180

Total Pengunjung : 17080

Total Kunjungan : 44112

Home

© 2021 PT.Sidoarjo Maju Media. All Rights Reserved.

Design by Velocity Developer

NEWSTICKER
No post ...