SHARE NOW

MENGENAL SEJARAH KULINER BAKSO : MAKANAN NIKMAT SEJUTA UMAT

TVSidoarjo –Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini. Iya, bakso makanan nikmat sejuta umat ini begitu melekat dihati para penikmatnya, terlebih bagi masyarakat Indonesia yang sudah kadung cintanya dengan kuliner yang satu ini.

Hampir setiap hari kita bakal menemui para penjual bakso entah itu dijalan, pasar, pusat perbelanjaan , mall dan tempat-tempat lainnya. Saking hypenya makanan yang satu ini, hampir diseluruh daerah di Indonesia, makanan ini pasti selalu bisa kita temui keberadaannya. Mulai dari yang murah hingga yang mahal, kuliner bakso selalu mudah untuk ditemukan.

Jika melihat dari sejarahnya sendiri, bakso bukan berasal dari Indonesia melainkan dari Cina. Dikutip dari theepochtimes.com, Jumat (21/1/2022), bakso sendiri memiliki sejarah yang panjang, kisah ini terjadi pada masa Dinasti Ming yakni pada tahun (1368-1644) di dataran Cina. Bermula dari rasa bakti dan kasih sayang seorang anak kepada ibunya, sehingga terciptalah sebuah makanan yang populer sampai saat ini yakni bakso. Singkat cerita pada masa itu, seorang pemuda bernama Meng bo ingin memasakan daging yang lembut untuk ibunya lantaran ibunya yang sudah tua yang tidak bisa mengunyah daging, Meng bo pun akhirnya terinspirasi dari pembuatan kue mochi, kue lembut yang terbuat dari tepung ketan yang ditumbuk hing0ga halus dan mudah untuk dikunyah dan dinikmati.

Akhirnya ia pun memasak daging, lalu selanjutnya menumbuknya daging tersebut hingga halus , tahap ini dilakukan seperti proses pada pembuatan kue mochi. Lalu kemudian membentuknya bulat-bulat, setelah dimasaka dengan dengan air mendidik, dan disajikan dengan tambahan kuah kaldu dan jadilah bakso, yang bisa kita nikmati seperti sekarang ini.

Tentunya bakso yang ada di Cina dan Indonesia memiliki cita rasa yang berbeda. Karena bakso yang ada di Indonesia sendiri sudah mengalami akulturasi budaya dengan budaya Nusantara. Bakso di Indonesia tidak memakai daging babi, melainkan diganti dengan daging sapi, ayam, kambing atau udang dan ikan, karena mayoritas masyarakat Indonesia adalah muslim.

Dan seiring dengan berkembangnya zaman, bakso di Indonesia mengalami banyak inovasi dan variasi seperti ada bakso urat, bakso balungan dan tete;lan, bakso sayur, bakso aci, bakso tahu, bakso udang, bakso ikan, bakso kerikil, bakso bakar dan bakso goreng, dan masih banyak lagi.

 

 

Sumber: BBS

Jurnalis: Wiji

gambar : gotravelly

Pengunjung

Online : 0

Pengunjung hari ini : 21

Kunjungan hari ini : 25

Pengunjung kemarin : 58

Kunjungan kemarin : 82

Total Pengunjung : 10130

Total Kunjungan : 32087

Home

© 2021 PT.Sidoarjo Maju Media. All Rights Reserved.

Design by Velocity Developer

NEWSTICKER
No post ...