SHARE NOW

Retorika Yamin: Sejarah Adalah Kunci Semangat Kongres Pemuda

TVSidoarjo — Dilansir nationalgeographic, Kongres Pemuda I dan II menjadi ruh bagi lahirnya semangat persatuan bangsa Indonesia dengan balutan nasionalisme dan semangat yang membara.

Kemerdekaan Indonesia sebagai sebuah bangsa dan negara adalah cita-cita terbesar yang telah dinantikan segenap rakyat Indonesia, tak terkecuali para golongan pemuda.

Terselenggaranya Kongres Pemuda II, menempatkan tokoh-tokoh penting dalam percaturan politik kala itu yang kemudian membahas tentang upaya-upaya mencapai sebuah negara bangsa yang merdeka.

Salah satu momen penting yang menyumbang semangat berkobar para pemuda nasionalis yang hadir dalam kongres itu, ialah pidato Mohammad Yamin yang penuh dengan semangat dan retorika.

“Pada malam kongres itu, Mohammad Yamin mengucap pidato yang penting,” tulis Hans van Miert dalam bukunya yang telah diterjemahkan dengan judul Dengan Semangat Berkobar Nasionalisme dan Gerakan Pemuda di Indonesia, 1918-1930 terbitan 2003.

Dalam pidatonya,”Yamin menuliskan kembali tentang sejarah kepulauan ini (Indonesia),” imbuh van Miert. Dikatakannya bahwa “Roh Indonesia” tertulis dalam sejarah Majapahit dan Sriwijaya.

Dua kerajaan besar itu digambarkan Yamin sebagai kerajaan-kerajaan Indonesia, dimana mereka telah mencapai masa kejayaannya sebagai warisan peradaban dunia.

Dengan retorikanya, Yamin juga mengisahkan tentang keterampilan dan keberanian para pemuda Indonesia sejak era prasejarah dalam mengarungi samudera luas untuk bisa singgah ke sebuah pulau di Afrika, Madagaskar.

Banyak sejarah bangsa Indonesia yang tak boleh dilupakan dan dari sanalah, identitas dan semangat akan kembalinya “Roh Indonesia” perlu digaungkan.

 

 

Sumber: nationalgeographic

jurnalis: alam

 

Pengunjung

Online : 0

Pengunjung hari ini : 13

Kunjungan hari ini : 16

Pengunjung kemarin : 90

Kunjungan kemarin : 143

Total Pengunjung : 12520

Total Kunjungan : 35977

Home

© 2021 PT.Sidoarjo Maju Media. All Rights Reserved.

Design by Velocity Developer

NEWSTICKER
No post ...