SHARE NOW

Siapakah Badarawuhi? Dalam kisah KKN di Desa Penari.

Badarawuhi adalah makhluk halus yang berasal dari pantai selatan, namun pada suatu hari dia diusir dan dikeluarkan dari kerajaan pantai selatan dikarenakan merasuki salah satu penari di tanah Jawa Timur.

Pada masa seorang ksatria wanita bernama Ratna Narekh menjadi lurah desa tersebut dan menjadikan pelataran memuja sanghyang menjadi tempat pesta menari dan lainnya.

Desa ini bertempat di tengah alas Daha, Ratna Narekh sendiri adalah murid dari seorang ksatria yang hidup pada zaman prabu airlangga, dia ditaklukan oleh Mpu Barada.

Ratna Narekh lah yang lari ke Timur Jawa dengan membawa lontar yang berisi ilmu Kadigjayan untuk menaklukan para lelembut di sepanjang hutan Jawa Tengah sampai Timur.

Sejak penaklukan yang dilakukan oleh mpu Barada, Ratna Narekh tidak pernah muncul kembali.

Namun dikarenakan hidupnya terus mempelajari ilmu dari lontar tersebut akhirnya sebagian cerita menyatakan bahwa Ratna Narekh hidup awet muda.

Dia tidak pernah muncul lagi di tanah Jawa, sampai tiba suatu hari dia singgah di desa Wonokromo, yang kala itu dipimpin oleh seorang lurah yang sangat arogan kepada wanita.

Semua wanita dia goda termasuk istri orang sekalipun, sampai akhirnya dia mendengar ada seorang wanita pendatang di warung di tengah desa (wanita = Ratna Narekh).

Ki lurah mendatangi wanita tersebut dan menawarkan menginap di rumahnya, akhirnya Ratna Narekh menyetujui.

Pada malam disaat Ratna Narekh tertidur, Ki lurah dan kedua anak buahnya mencoba mengintip dan mempunyai niat cabul, namun karena kesaktian Ratna Narekh saat pintu dibuka seluas badan ki lurah.

Yang terjadi adalah sebuah kekuatan yang membuat ki lurah terpental dan mati ditempat, anak buahnya lari namun tak lama terjatuh dan mati oleh ilmu kanuragan Ratna Narekh.

Sebagian kisah menyatakan Ratna Narekh menjilat darah laki laki yang tercecer di batu, dari situlah dia menjadi pengganti ki lurah memimpin desa tersebut, hingga akhirnya terjadilah sebuah kejadian diatas. 

Tempat desa tersebut memiliki sebuah kolam sumber air, dimana kolam sumber air tersebut ternyata pusat Gerbang Halus di utara Jawa tepatnya sekitaran lereng gunung raung dan berdekatan dengan alas Daha.

Sedangkan gerbang halus Selatan berada di salah satu pantai di selatan Jawa dengan ciri berdirinya sebuah batu karang besar, namun antara selatan dan utara memiliki hubungan baik.

Termasuk kolam air tersebut adalah tempat persinggahan Ibu Ratu Pantai Selatan jika beliau sedang bertamu ke Utara jawa.

Ketika beliau pulang ke selatan tempat tersebut dijaga oleh para panglima dan ksatria pantai selatan baik laki laki dan wanita. 

Kesimpulannya Ratna Narekh  sombong merasa memiliki ilmu tinggi dan sudah sering menaklukan para ghaib, dia melanggar adat dari desa tersebut bahwa tidak boleh  mengadakan tarian yang diiringi gamelan di desa tersebut.

Karena akan mengundang seluruh gaib penghuni Alas Daha termasuk penghuni Sendang di dalamnya, bahkan dia berteriak “Jika seluruh penghuni Alas Daha hadir aku akan menaklukan mereka satu persatu “.

Dari kesombongannya itulah semua penduduk musnah termasuk dia, salah satu Makhluk Halus yang merasuki penari adalah wanita utusan Ibu Ratu Pantai Selatan yang menjaga sendang di Alas Daha.

Dia merasuki dan tidak mau keluar dari jasad penari itu, sampai akhirnya jasad penari itu dihancurkan barulah dia keluar, dari saat itulah dia diusir dari pantai selatan dilucuti beberapa kesaktiannya dan di usir.

Wujudnya tetap berbau pantai selatan memakai kebaya dan selendang hijau, cantik, anggun dan kerap jahil terutama kepada kaum laki laki, dia bisa beranak pinak jika ada lelaki yang menyentuhnya atau tergoda olehnya.

Namun saat dia marah dan ingin membalas dendam kepada siapapun yang menyakitinya, mengotori tempatnya atau melanggar adat dimana dia berkuasa maka wujudnya akan berubah.

Wujudnya berubah menjadi setengah badan atas wanita bermahkota dan bagian tengah ke bawah berbentuk ular.

Dialah yang disebut BADARAWUHI oleh orang Jawa

 

 

Sumber : banyuwanginetwork

editor: alan

Pengunjung

Online : 0

Pengunjung hari ini : 10

Kunjungan hari ini : 12

Pengunjung kemarin : 90

Kunjungan kemarin : 143

Total Pengunjung : 12517

Total Kunjungan : 35973

Home

© 2021 PT.Sidoarjo Maju Media. All Rights Reserved.

Design by Velocity Developer

NEWSTICKER
No post ...