SHARE NOW

Dekesda Usulkan Pemkab Tetapkan Sidoarjo Jadi Kota Budaya

TVSidoarjo – Berdasarkan hasil rapat kerja Dewan Kesenian Sidoarjo (Dekesda) yang diselenggarakan pada 18 hingga 19 November 2021 lalu, merekomendasikan agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk segera menetapkan Sidoarjo menjadi Kota Budaya.

Hal ini disampaikan secara resmi dalam surat keputusan tertulis Dekesda nomor : 039/Dekesda/Raker/XII/2021 tertanggal 01 Desember 2021 yang telah dikirimkan kepada Bupati Sidoarjo, H. Ahmad Muhdlor Ali, S.IP. dan ditandatangani langsung oleh Ketum Dekesda, Ali Aspandi, SH.

Menurut Dekesda, pengurus memiliki visi sekaligus motivasi untuk memacu seni dan budaya dalam rangka mewujudkan Sidoarjo sebagai Kota Budaya.

Selain itu, hal yang mendorong keputusan tersebut diantaranya kabupaten Sidoarjo memiliki peninggalan warisan budaya, baik berbentuk benda yakni candi, prasasti dan situs, maupun berbentuk tak benda, yakni seni pertunjukan, batik, kuliner, cerita rakyat, upacara adat serta cerita rakyat atau hikayat.

“Bahwa hal-hal tersebut adalah aset dan sumber daya budaya yang ternilai harganya, untuk menentukan arah dan strategi pemajuan seni budaya masa depan, agar mendapatkan legitimasi atau kepastian hukum serta diharapkan tidak saja berdampak pada terhadap branding kabupaten tetapi juga di sektor pariwisata bahkan indeks pembangunan manusia akan meningkat,” tulis Dekesda dalam SK rekomendasinya.

Dekesda berharap, dengan ditetapkannya Sidoarjo menjadi Kota Budaya, Pemkab akan lebih fokus dalam mempersiapkan sarana prasarana untuk memperkuat sekaligus merealisasikan Sidoarjo dengan tata kelola yang lebih baik serta berkelanjutan.

Sumber : skdekesda
Jurnalis : DIM

Pengunjung

Online : 2

Pengunjung hari ini : 112

Kunjungan hari ini : 265

Pengunjung kemarin : 144

Kunjungan kemarin : 419

Total Pengunjung : 32577

Total Kunjungan : 78117

Home

© 2021 PT.Sidoarjo Maju Media. All Rights Reserved.

Design by Velocity Developer

NEWSTICKER
No post ...