SHARE NOW

Obat Covid Molnupiravir Tiba di Indonesia

TVSidoarjo — Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengatakan, obat alternatif Covid-19 Molnupiravir akan tiba di Indonesia.

“Hari ini (kemarin, red.) kita akan datangkan Molnupiravir impor,” kata Budi dalam konferensi pers di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (3/1/2022).

Budi menjelaskan, obat Molnupiravir itu akan disimpan terlebih dahulu untuk dipersiapkan jika terjadi lonjakan kasus Covid-19. Menurutnya, Molnupiravir terbukti ampuh mengurangi perburukan kondisi kesehatan.

“Jadi kita sudah simpan dulu jadi kalau nanti ada apa apa kita sudah siapkan obatnya karena ini terbukti bisa mengurangi laju masuknya ke rumah sakit untuk orang orang yang terkena covid yang saturasinya masih di atas 95 persen,” paparnya.

Budi menerangkan, Kemenkes telah membeli sekitar 600-1 juta tablet Molnupiravir pada November lalu. Pembelian obat Covid-19 ini disebut cara Kemenkes mengantisipasi gelombang ketiga yang diprediksi terjadi sehabis periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

“Molnupiravir terbukti mampu memberikan proteksi sebesar 50 persen, meski hasil terkini bergeser ke 30-40 persen,” tuturnya.

Lebih lanjut Budi memaparkan, pihaknya juga telah membeli obat Covid-19 besutan Pfizer, Paxlovid yang diklaim bisa mencegah tingkat kematian hingga 90 persen dan mengurangi potensi rawat inap hingga 70 persen.

“Obat-obatan baru kita siapkan. Dua yang sudah disetujui FDA, Monupilavir dan Paxlovid. Insya allah di bulan Januari sudah bisa kita datangkan,” pungkasnya.

Sumber : kemenkesri
Jurnalis : DIM

Pengunjung

Online : 0

Pengunjung hari ini : 76

Kunjungan hari ini : 197

Pengunjung kemarin : 147

Kunjungan kemarin : 295

Total Pengunjung : 31316

Total Kunjungan : 75160

Home

© 2021 PT.Sidoarjo Maju Media. All Rights Reserved.

Design by Velocity Developer

NEWSTICKER
No post ...