SHARE NOW

Reno Andam Suri, Penulis Buku Rendang Menangkan ‘Best of The Best 25’ Gourmand Awards

Reno Andam Suri, penulis buku Rendang: Minang Legacy to the World berhasil memenangkan ‘Best of The Best 25’ Gourmand Awards kategori C01 Local-Region pada Rabu (1/12/21). Buku ini bersaing dengan buku kuliner dari China, Jepang, Afrika Selatan hingga Prancis.

Penghargaan yang setara dengan penghargaan Oscar namun dari dunia kuliner ini diperkenalkan oleh Edouard Cointreau sejak tahun 1995. Sebelum pandemi Covid-19, Reno Andam atau akrab disapa Uni Reno mengatakan bahwa bukunya masuk nominasi ‘Best of The Best 25’ Gourmand Awards, namun dari pihak Gourmand Awards, buku Uni Reno akan diadukan lagi dengan buku-buku lain dengan tema yang sama yaitu local cookbook.

“Buku aku sendiri waktu itu tahun 2014, menang di kategori local cookbook, nah sekarang di 25 tahun Gourmand Awards, mereka mengumpulkan para pemenang-pemenang ini untuk dilombakan lagi.” Ungkap Uni Reno.

Sungguh terkejut Uni Reno ketika mendapat kabar melalui temannya yang ada di Prancis dan memiliki hubungan yang cukup dekat dengan panitia Gourmand Awards, bahwa buku rendang miliknya berhasil menang. Uni Reno mengaku senang karena bukunya memenangkan ajang tersebut, karena menurutnya makanan Indonesia khususnya rendang semakin dikenal orang dan diketahui cerita dibalik masakan rendang.

“Jadi kalau sekarang mungkin orang-orang bisa memperkenalkan rendang sebagai makanan terenak nomor satu (di dunia) dengan menyajikannya, tapi menjadi lengkap ketika kita juga bisa menceritakan tentang rendang itu lebih jauh melalui bukunya. Jadi aku senang ketika buku ini bisa dibaca oleh orang-orang di luar sana, terpampang di toko buku luar negeri. Jadi itu salah satu yang membuat aku bangga atas penghargaan ini,” tutup uni Reno.

Sumber: detikfood
Sumber foto: detikfood
Jurnalis: Bunga

NEWSTICKER
No post ...