SHARE NOW

Tinjau Korban Bencana Puting Beliung , Wabup Sidoarjo Instruksikan Dapur Umum dan Posko Kesehatan Siaga 24 Jam

Tinjau Korban Bencana Puting Beliung , Wabup Sidoarjo Instruksikan Dapur Umum dan Posko Kesehatan Siaga 24 Jam

Bencana angin puting beliung yang melanda Kabupaten Sidoarjo memasuki hari kelima. Dusun Mlaten Desa Sidokepung Kecamatan Buduran menjadi wilayah terparah diterjang angin puting beliung pada Minggu sore kemarin, (23/10. Ratusan rusak akibat bencana itu. Bencana puting beliung di Dusun Mlaten Desa Sidokepung merupakan bencana kedua setelah Desa Durungbedug dan Durungbanjar Kecamatan Candi menerjang wilayah Sidoarjo.

Pagi tadi, Kamis, (27/10), Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi SH mengunjungi lokasi bencana Dusun Mlaten Desa Sidokepung. Selain untuk memberikan bantuan paket Sembako, kedatangan orang nomer dua Sidoarjo itu juga ingin memastikan penanganan korban bencana berjalan baik. Salah satunya pelayanan yang dilakukan Posko dapur umum dan Posko kesehatan. Ia meminta pelayanan Posko tersebut harus selalu siaga 24 jam. Personilnya harus mampu melayani setiap saat warga korban bencana.

“Saya instruksikan dapur umum disiagakan selama 24 jam, begitu juga dengan pelayanan kesehatan juga di buka selama 24 jam sampai penanganan bencana di wilayah ini benar-benar pulih kembali,”ucapnya.

Wabup H. Subandi juga meminta untuk mendata para Lansia korban bencana. Dari data itu nantinya pemerintah akan mengikutkan kepersertaan BPJS kesehatan. Dengan begitu warga golongan renta akan memperoleh pelayanan kesehatan gratis Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

“Saya meminta Dinas Sosial untuk mengakomodir warga terdampak bencana yang manula atau lanjut usia untuk di ikutkan program BPJS Kesehatan gratis kelas III yang biayanya ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo agar mereka dapat berobat dengan mudah,”mintaya.

Dalam kesempatan itu Wabup H. Subandi meminta kepada warga supaya menjaga kesehatannya. Dikatakannya perubahan cuaca seperti ini bisa mengganggu metabolisme tubuh. Oleh karenanya masyarakat diharapkan waspada akan perubahan cuaca.

“Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melalui Dinas Sosial, Dinas Kesehatan,BPBD terus bergotong royong membantu warga, saya minta relawan yang ada di lokasi agar senantiasa juga menjaga kondisi kesehatannya masing-masing,”ungkap H. Subandi.

Wabup juga mengatakan saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo bersama dengan instansi terkait terus melakukan pendataan korban bencana alam. Pendataan itu dilakukan untuk kebutuhan pendistribusian bantuan dari Pemkab Sidoarjo.

“Sehingga nantinya bantuan itu segera di distribusikan dengan cepat kepada yang berhak mendapatkan bantuan.

NEWSTICKER
No post ...