SHARE NOW

Sri Mulyani: Lakukan Transformasi Digital, Anggaran Kominfo Naik Terus

TVSidoarjo – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan alokasi anggaran Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus mengalami kenaikan dalam tiga tahun terakhir seiring dengan transformasi digital yang sedang dilakukan pemerintah. Hal tersebut sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo untuk membangun platform digital guna mempersempit praktik bisnis yang koruptif yang dapat mengurangi pendapatan negara.

Sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam melakukan transformasi digital, kata Sri Mulyani, anggaran untuk Kominfo pada saat pandemi tetap ditingkatkan meski kondisi ekonomi nasional pada saat itu sedang merasakan imbas COVID-19 yang berkepanjangan.

“Ini merupakan bukti bahwa pemerintah melihat fondasi untuk membangun transformasi digital melalui investasi infrastruktur digital adalah keharusan, yang tidak boleh ditunda dan dikorbankan hanya karena pandemic.

Anggaran Kominfo pada 2020 sudah menyentuh angka Rp20 triliun, naik 73 persen dari tahun sebelumnya. Angka tersebut terus melambung hingga mencapai Rp26 triliun pada 2021 dan Rp27 triliun pada 2022.

Sri Mulyani anggaran tersebut juga digunakan untuk membangun jaringan 4G di 4.200 desa dan melakukan transformasi digital di wilayah 3 T (terluar, terdepan, dan tertinggal).

Menurutnya, Kementerian Keuangan juga terus melakukan tranformasi digital untuk mempermudah pelayanan publik. Semisal dengan penggunaan E-filling untuk pelayanan pajak secara online.

“Perbaikan tata kelola tentu tentu terkait dengan bagaimana kita mendesain sistem yang terintegrasi dari proses bisnis, data, dan koordinasi antarkementerian lembaga dengan teknologi informasi,” tambahnya.

 

Pengunjung

Online : 0

Pengunjung hari ini : 10

Kunjungan hari ini : 12

Pengunjung kemarin : 90

Kunjungan kemarin : 143

Total Pengunjung : 12517

Total Kunjungan : 35973

Home

© 2021 PT.Sidoarjo Maju Media. All Rights Reserved.

Design by Velocity Developer

NEWSTICKER
No post ...